Di Pasar Tradisional Turun Rp 20 Ribu per KgHarga Bawang Putih

Senin, 16 April 2018


Jakarta,RAnews.tv - Harga sejumlah bahan pangan terpantau turun di pasar tradisional Mencos, Setiabudi, Jakarta Selatan. Penurunan cukup besar terjadi pada komoditas bawang putih kating.

Berdasarkan pantauan Senin (16/4/2018), penurunan harga yang cukup signifikan terjadi pada bawang putih kating, yaitu mencapai Rp 20 ribu per kilogram (kg). Sedangkan untuk harga bawang merah hanya turun Rp 3.000 per kg.

Pedagang sayur di Pasar Mencos, Mutia (42), menyatakan penurunan harga bawang terjadi selama satu pekan.

"Hari ini pada turun. Harga bawang merah minggu ini Rp 25 ribu per kg, kalau minggu lalu harganya Rp 28 ribu per kg. Bawang putih kating sekarang saya jual 40 ribu per kg, minggu lalu saya jual Rp 60 ribu per kg," tuturnya.

Mutia menjelaskan penurunan juga terjadi pada komoditas cabai, yaitu cabai rawit merah dan cabai keriting merah besar.

"Cabai rawit merah turun dari Rp 35 ribu per kg menjadi Rp 25 ribu per kg. Untuk keriting merah besar turun dari Rp 35 ribu per kg menjadi Rp 28 ribu per kg," ujarnya.

Mutia juga menyebutkan penurun terjadi pada harga komoditas sayuran lainnya seperti wortel serta daun bawang.

"Wortel dan daun bawang juga turun dari Rp 8 ribu per kg menjadi Rp 5 ribu per kg hari ini. Sedangkan kol naik dari Rp 6 ribu per kg menjadi Rp 10 ribu per kg hari ini. Stok lagi banyak, ini sudah dari seminggu yang lalu," tandas dia.

Senada dengan Mutia, Rijal (35), pedagang sayur lainnya di Pasar Mencos menyebutkan harga komoditas cabai dan bawang turun pada minggu ini.

"Cabai rawit merah dan keriting merah besar turun dari Rp 50 ribu per kg menjadi Rp 40 ribu per kg. Bawang putih kating turun dari Rp 60 ribu menjadi Rp 50 ribu," ujarnya.

"Yang stabil sekarang harga tomat, yaitu Rp 10 ribu per kg, harga timun Rp 5 ribu per kg, dan juga harga bawang merah yaitu Rp 35 ribu per kg," ucap dia.



    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)