Skateboard dan Surfing Ditiadakan Dalam Asian Games 2018

Kamis, 20 April 2017


JAKARTA,RANEWS.TV- Indonesia dikabarkan resmi mencoret empat cabang olahraga (cabor) di Asian Games 2018. Seperti dikutip insidethegames.biz, empat cabor itu adalah skateboarding, surfing, kriket dan samboo. 

Tak hanya cabor, nomor pertandingan pun dikurangi dari sebelumnya 493 menjadi 431 nomor pertandingan. Disebutkan bahwa pengurangan itu terjadi demi mengurangi beban pengeluaran Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC).Di antara nomor pertandingan yang dikurangi Dewan Olimpiade Asia (OCA) adalah untuk cabor kurash dan gulat. Selanjutnya, INASGOC nantinya juga akan mengurangi nomor pertandingan untuk cabor jujitsu, jetski, panjat tebing, paragliding, bridge, dan wushu.

Keputusan pengurangan itu merupakan hasil pertemuan antara Presiden OCA Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (19/4).

Adapun untuk cabor sepatu roda disebutkan masih dalam tahap negosiasi antara dihilangkan atau tidak. Begitu juga dengan nomor pertandingan di luar olimpik dari cabang taekwondo yang akan dihapus. 

"Kami menjalani rapat yang banyak mendapatkan hasil positif. Memenuhi permintaan untuk Olimpiade 2020, OCA dan INASGOC sepakat untuk mengurangi nomor pertandingan di Asian Games 2018 menjadi 431. Kami akan bekerja sama untuk membuat pengeluaran lebih efektif dan meraih sukses besar," ujar Sheik Ahmad seperti dikutip dari Inside The Games.

"Kami berharap perubahan ini dapat membuat pengeluaran bisa lebih efektif," kata Direktur Umum OCA Husain Al-Musallam. "Kami ingin fokus pada cabang olahraga yang populer di Indonesia."Meski menyatakan mencoba fokus pada cabor yang populer di Indonesia sebagai tuan rumah, sebanyak 28 cabor yang masuk dalam Olimpiade tetap akan dimainkan. Hal itu dilakoni meskipun itu semua bukan cabor yang populer di Indonesia maupun Asia Tenggara.

Cabor-cabor tak populer itu adalah bola tangan, bisbol, sofbol, karate, bowling, kabaddi, sepak takraw, squash, dan soft tenis yang tidak terpengaruh dengan perubahan. 

"Kami berterima kasih kepada panitia untuk memahami sudut pandang OCA dan tetap mempertahankan 28 cabang olimpik meskipun itu tidak populer di Indonesia," tukas Al-Musallam. 

Atas perubahan tersebut, Indonesia diperkirakan bakal mempertandingkan 38-40 cabang olahraga di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Jumlah pasti masih bergantung pada cabang equestrian dan sepatu roda yang masih dalam pembahasan. 



    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)